Laman

Minggu, 16 Desember 2012

khasiat stawberry, semangka dan anggur untuk kesehatan :D





Strawberry
Strawberry atau stroberi merupakan tanaman buah berupa herba yang ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Salah satu spesies tanaman strawberry yaitu Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Selanjutnya spesies lain, yaitu F. vesca L. lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis strawberry ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Buah mungil berwarna merah dan berbintik hitam ini sangat baik dan menyehatkan. Rasanya yang manis dan sedikit masam menbuatnya banyak digemari. Buah strawberry memiliki banyak kandungan di dalamnya, mari kita simak sedikitnya mengenai kandungan yang terdapat dalam buah strawberry.


1. Vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah stroberi lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk orange, karena stroberi memberikan 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian. Banyak manfaat dari mengkomsumsi vitamin C, antara lain menjaga kesehatan gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi serta menjadi antioksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa jenis kanker.

2. Kalori

Delapan buah stoberi atau 1 gelas stroberi hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Jumlah yang sama juga memberikan 30 mikrogram (ug), asam folat. Jumlah ini setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil, yakni 400 ug. Asam folat ini penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin. Disamping itu, 1 gelas stroberi juga mengandung skitar 270 miligram potassium, dimana potassium merupakan salah satu mineral yang disarankan ada dalam menu makanan bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah. Jumlah yang sama juga megandung sekitar 4 gram serat, yang dapat membantu menurunkan kadar lemak kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernakan.

3. Antioksidan

Dalam sebuah penelitian, buah strawberry menduduki peringkat tertinggi kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan oleh bahan-bahan penimbul kanker. Antioksidan bekerja dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah pada pembentukan sel-sel kanker. Selain itu, antioksidan di dalam strawberry memberikan perlindungan pada hati, dan antiinflamasi.

Dalam suatu percobaan terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara. Beberapa studi juga menunjukkan, asam ellagik yang ada dalam stroberi bisa menghambat kanker paru-paru, kerongkongan, payudara, kulit, dan kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan-bahan kimia. Dalam percobaan dengan sel kanker payudara, asam ellagik bisa menghambat pertumbuhannya sampai 45 persen. Kuercetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara.


Buah Stroberi juga mengandung senyawa-senyawa fitokimia yakni asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin yang diketahui dapat mencegah penggumpalan dara, salah satu penyebab orang kena serangan jantung atau stroke.


Kandungan gizi buah strawberry segar dalam 160 gram mengandung : energi 50 kalori, protein 1 gram, karbohidrat 11,65 gram, serat 3,81 gram, kalsium 23, 24 mg, magnesium 16,60 mg, fosfor 31,54 mg, potasium 44,82 mg, selenium 1,16 mg, vitamin C 94,12 mg, Folat 29,38 mg, Vitamin A 44,82 IU

Inilah Khasiat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

Dengan komposisi nutrisi yang telah disebutkan diatas, strawberry memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Khasiat buah strawberry untuk kesehatan antara lain :

1. Memutihkan Gigi
Asam malat yang terkandung dalam stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyah strawberry setiap hari dapat membantu untuk menyehatkan mulut, seperti : memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat nafas menjadi lebih segar.

2. Mencegah kanker

Kandungan vitamin A, C, E dan Asam Ellagic yang berfungsi melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Dan juga dapat mencegah terjadinya Leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah strawbery dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah.

Selain itu stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini akan melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan dalam stroberi ini pun tetap tinggi meskipun telah diolah menjadi bentuk lain, seperti selai atau jus. Selain itu, senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada dalam stroberi juga dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati.


3. Mengobati Jerawat

Kandungan asam salisiat di dalam strawberry memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.

4. Menghaluskan kulit

Buah strawberry mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan stroberi ini sebagai lulur mandi. Untuk mendapatkan manfaat lebih, campurkan stroberi yang telah dihaluskan ini dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi lebih halus, kulit pun akan tampak lebih cerah.

5. Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi

Strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.

6. Kesehatan mata

Usia dan nutrisi mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan adanya zat anti oksidan yang dapat memerangi radikal bebas, tentunya penuaan dini bisa dicegah.

7. Kerusakan Fungsi Otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Namun dengan adanya vitamin C dan fitonutrient tadi hal tersebut bisa dicegah.

8. Tekanan darah tinggi

Karena kandungan potasium dan zat besi, Strawberry sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya lebih seimbang kembali.

9. Penyakit jantung

Karena tinggi serat, folat, vitamin C dan anti oksidan, Strawberry cukup efektif mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, dan mencegah penyakit jantung.

Kandungan serta khasiat buah strawberry untuk kesehatan ini diambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat dan lebih memotifasi anda untuk hidup lebih sehat dengan konsumsi buah strawberry setiap hari.


Hati-hati dalam menyimpan buah ini, karena strawberry yang sudah mulai busuk dapat menular dengan sangat cepat ke strawberry lain yang disimpan bersamaan. Strawberry dapat tahan 4 hari di lemari es. Tetapi di freezer, buah ini bisa bertahan selama 1 bulan dengan cara penyimpanan yang benar. Atur strawberry secara satu-satu terpisah, lalu bekukan. Setelah beku, siram dengan air dan masukkan ke dalam plastik, lalu bekukan kembali. Cara menyimpan seperti ini cocok untuk membuat juice.


Manfaat Daun :
Daun strawberry mengandung zat astringent. Zat astringent ini efektif meredakan serangan diare. Dengan meminum tiga hingga empat cangkir air rebusan daun strawberry tiap hari hingga diare reda.




  

 :D KHASIAT BUAH SEMANGKA  :)

Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia. Hari ini, kita tahu bahwa yang sudah dikubur jelas tidak bisa lagi menikmati nutrisi semangka. Kitalah yang berhak menikmati lezatnya dan betapa bergizinya buah yang satu potongnya sama fungsinya dengan segelas air tersebut. Tapi ingat, ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah/kuningnya saja.



Terkadang buah semangka ini oleh kaum wanita dijadikan sebagai pembersih wajah, disebutkan dalam kitab ath-Thib An-Nabawi (thibbun nabawi) karya Ibnu Qayyim buah ini merupakan salah satu buah yang dijadikan obat dan Rasulullah sholollohu a’laihi wasallam biasa mengkonsumsinya.

Dari Nabi sholollohu a’laihi wasallambahwa beliau biasa makan semangka dengan ruthob (kurma masak), beliau berkata, “Kita menetralkan panas ini dengan dinginnya ini, dinginnya ini dengan panasnya ini.

Sifatnya yang dingin dan basah bisa membersihkan lambung, Lebih mudah dicerna dilambung dari pada timun dan sejenisnya. Bahkan juga mudah larut dalam unsur makanan lain bila bertemu dilambung. Dimakan dalam keadaan panas (dimasak), amat bermanfaat sekali. Kalau makan dalam keadaan dingin, ada efek samping ringan yang bisa dinetralisir dengan sedikit jahe atau sejenisnya. Sebaiknya dikonsumsi sebelum makan, yakni segera diiringi dengan makan, kalau tidak, akan menyebabkan mual dan muntah. Sebagian kalangan medis menyatakan,”bila dikonsumsi sebelum makan dapat mencuci perut dan menghilangkan penyakit dalam lambung.

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare dan mudah marah. Buah atau jusnya meringankan gejala-gejala tersebut, meningkatkan keluarnya urin, dan membersihkan ginjal. Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing, menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

Kandungan Buah Semangka dalam 100gram :
- Protein 0,9 gram.
- Karbohidrat 11,6 gram.
- Vitamin A 876 IU.
- Vitamin C 12,5 miligram.
- Kalsium (Ca) 10,8 miligram.
- Magnesium (Mg) 15,4 miligram.
- Fosfor (P) 16,9 miligram.

Fungsi buah :

Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.
Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
Semangka juga mempergiat kerja jantung
Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam
Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh

khasiat buah Anggur:)

Buah anggur berasal dari kawasan selatan antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia Kecil. Kemudian dibudidayakan orang ke daerah tropik dan selanjutnya menyebar pula ke daerah subtropik. Di daerah ini, anggur malah memperoleh lingkungan yang lebih mendukung sehingga produksi dunia sekarang berasal dai negara-negara subtropik, seperti Spanyol, Australia Selatan, Belanda, Inggris, Amerika, dan sebagainya.

Jenis anggur cukup banyak dan setiap jenis mempunyai kegunaan yang khas, karena itu usaha tani anggur juga memiliki tujuan yang berbeda, di antaranya anggur untuk buah meja, minuman (wine), kismis dan sari buah anggur. Anggur yang digunakan untuk buah meja yaitu buah yang memiliki ukuran besar, rasanya manis dan segar, dan tidak mudah lepas dari dompolannya. Jenis anggur yang penting adalah Vitis dan Muscadin. Muscadin memiliki kulit batang yang melekat, dompolan buahnya kecil dan bila buah masak ia mudah rontok. Vitis memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai alat pemanjat yang kuat, kulit kayunya mengelupas, dompolan buahnya besar dan buah menempel kuat serta tidak mudah rontok bila masak.

Ciri-ciri buah anggur (Vitis vinifera) yang bermutu baik yaitu:
Dompolan buah tumbuh sempurna, cukup kuat dengan tangkai, usuran buah dalam dompolam seragam.
Butiran buah gemuk (besar), kulit agak keras, berwarna merah atau hijau bergantung varietasnya, ada yang bulat, bulat telur, jorong, jorong kesamping atau memanjang.
Rasa buahnya manis dan segar. Buah anggur merupakan buah yang perishable sehingga umur simpannya relatif singkat.
Umur simpan buah anggur yaitu selama 4-8 minggu dengan suhu penyimpanan dari -1 sampai 4 Pengemasan buah dilakukan dengan membungkus buah menggunakan kantong-kantong plastik dan dilubangi untuk memberikan ventilasi, yaitu sebesar 1/4 – 1/8 inci untuk memugkinkan cukup . dan menghindari kerusakan oleh akumulasi .
Di balik bentuknya yang menarik itu, ternyata banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari buah cantik ini. Anggur merupakan sumber energi instan dan bisa membuat Anda terlihat lebih muda.

Buah ini bukan hanya merupakan sumber yang kaya vitamin A, C, B6 dan folat tetapi juga memiliki mineral penting seperti potasium, kalsium, besi, magnesium fosfor, dan selenium.
Jika Anda berpikir menggigit salah satu dari sedikit buah menggoda ini bisa membuat penampilan terlihat lebih muda maka Anda mungkin benar. Sebab, buah ini mengandung flavonoid - antioksidan kuat yang dapat membantu memperlambat proses penuaan, yang mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Berkat nilai gizi tinggi, buah ini dapat digunakan mengobati sembelit, gangguan pencernaan, kelelahan, gangguan ginjal, degenerasi otot dan dapat mencegah katarak. Anggur adalah sumber energi yang baik dan sebagai pembangun tubuh, dan sumber energi yang cepat.

Manfaat buah :
1. Anggur kering atau kismis yang bergizi dan membantu mengatasi masalah termasuk sembelit, asidosis, anemia, demam, kelemahan seksual dan membantu meningkatkan berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan mata.

2. Memerangi penyakit
Asma : 
Anggur memiliki kekuatan assimilatory tinggi dan dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Tak hanya itu, aktivitas antibakteri anggur merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat melindungi Anda dari infeksi.

Penyakit Alzheimer : 
penelitian menunjukkan, anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah timbulnya penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer. 

Kanker payudara : 
Studi pada tikus laboratorium telah menunjukkan bahwa jus  berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara secara signifikan mengurangi massa tumor.

Sembelit : 
Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa dan dianggap makanan pencahar. Mereka meringankan sembelit kronis dengan mengencangkan sampai usus dan perut.

Kelelahan : 
Jus anggur menyediakan energi instan. Jus buah anggur putih kaya zat besi dan mencegah kelelahan.

Pencernaan : 
Anggur lebih disukai ketika seseorang menderita gangguan pencernaan, karena mereka merupakan makanan ringan. Buah ini menurunkan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.

Migrain : 
Masak jus anggur, tanpa pencampuran air tambahan membantu dalam menyembuhkan migrain.

Gangguan Ginjal : 
Anggur dapat membantu dalam penghapusan asam dari sistem, sehingga mengurangi tekanan kerja ginjal.

Allah Menciptakan apa yang ada di bumi ini pasti ada manfaatnya..
Tingkat oksida nitrat dalam darah meningkat ketika Anda makan buah anggur, dan mampu mencegah pembekuan dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Antioksidan di dalam buah anggur menghentikan oksidasi kolesterol LDL, yang menghambat pembuluh darah.

Manfaat biji :
Dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak. 
Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat. 
Agarwal menambahkan, sel kanker cepat sekali menyebar, hal tersebut menyebabkan khasiat ekstrak biji anggur tetap tergantung dari kemampuan sel sehat untuk bertahan dari kerusakan. 
Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.
Sementara itu Dosen ilmu gizi Fakutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Febri Endra Budi Setyawan M.Kes menjelaskan, biji anggur memiliki khasiat sama besar dengan daging dan kulitnya. 
Dalam biji anggur terdapat mineral mikro yaitu seng dan mangan. Dua mineral ini banyak terdapat pada anggur merah. Febri menambahkan, seng dan mangan sangat penting untuk menjaga libido seks dan kesuburan pria juga dapat membantu mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.
Manfaat lain dari biji anggur adalah kemampuannya untuk mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang sering kali menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.

Manfaat Kulit :
Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.
Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.

Manfaat daun :
Daun anggur yang berwarna merah berkhasiat astrigen (zat yang mempunyai kemampuan mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) dan anti radang.
Selain itu daun anggur juga bisa membantu pengobatan:
- Varises
- Wasir (hemoroid)
- Rapuhnya pembuluh darah halus (capillary fragility)
- Tekanan darah tinggi
- Kadar kolesterol tinggi
- Gangguan berkemih, dan
- Sindrom menopause
Daun anggur yang diseduh air panas dapat digunakan untuk obat diare, juga bisa digunakan untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, dan sakit tenggorok. Abu dari ranting anggur yang dibakar bisa membersihkan gigi yang hitam. Rantingnya juga berkhasiat peluruh kencing (diuretic) sama seperti daunnya.
Bukan hanya itu, daun anggur juga berkhasiat sebagai peluruh air seni, obat syphilis, kudis, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Untuk peluruh air seni dipakai 15 gram daun segar anggur, dicuci, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyaknya pagi dan sore

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat. Terimakasih ilmu yg sudah dishare.

    BalasHapus
  2. Gambling in New Jersey - JTG Hub
    New Jersey is currently the first 영천 출장안마 state 동두천 출장샵 to legalize sports betting, 안산 출장안마 but 의왕 출장샵 the state is also considered the first state in the country to have 서울특별 출장안마 legal sports betting.

    BalasHapus